Musala Al-Arqom di Pesantunan Kini Lebih Enak Dipandang Mata

Editor: Koko Triarko

BREBES – Kondisi Musala Al-Arqom di desa Pesantunan, RT 01 RW 05, Brebes, Jawa Tengah, kini terlihat lebih bersih dan tertata. Khususnya di bagian tempat wudhu dan MCK. Hal ini setelah musala tersebut mendapatkan program bantuan renovasi masjid-musala dari Yayasan Damandiri.

Sebelumnya, kondisi tempat wudhu dan toilet di Musala Al-Arqom, boleh dikata kurang terawat. Selain terlihat kotor, keran air pada tempat wudhu musala ini juga banyak yang rusak. Sehingga, kurang memadai untuk kegiatan peribadatan warga.

“Musala ini biasa dimanfaatkan warga sekitar untuk beribadah, daya tampungnya mencapai sekitar 100 orang. Sebelumnya, keadaan toilet musala ini sangat kotor, keran musalah banyak yang rusak, sementara dinding toilet juga sudah pudar,” ungkap pengurus Musala Al-Arqom, Rini S.

Namun, setelah adanya program renovasi renovasi dari Yayasan Damandiri dan KUD Berkah Damandiri Sejahtera, kondisi toilet dan tempat wudhu Musala Al-Arqom kini jauh lebih baik.

Pengurus Musala Al-Arqom, Desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, Rini S. –Ist.

“Sekarang sudah nampak lebih bagus, bersih dan enak dipandang mata,” katanya.

Rini menilai, adanya program sosial renovasi rumah ibadah berupa masjid dan musala dari Yayasan Damandiri melalui KUD Berkah Damandiri Pesantunan, sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi masyarakat desa.

“Tentu dengan adanya program ini, sangat membantu meringankan pengeluaran musala. Karena itu harapan saya, semoga Koperasi Damandiri bisa makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat desa Pesantunan. Amin,” ungkapnya.

Yayasan Damandiri melalui KUD Berkah Damandiri Pesantunan menjalankan program Bantuan Sosial Perbaikan Tempat Wudhu dan WC Masjid dan Musala di desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, awal bulan November 2021 ini. Desa ini merupakan desa binaan yayasan tersebut, dalam program Desa Cerdas Mandiri Lestari.

Program ini dijalankan sebagai upaya meningkatkan fasilitas masjid dan musala, guna menambah kenyamanan dan kekhusyukan masyarakat dalam beribadah. Terlebih, selama ini tak sedikit masjid maupun musala di desa Pesantunan dalam kondisi kurang perawatan, sehingga perlu diperbaiki.

Manajer Umum KUD Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman, mengatakan total terdapat 25 unit masjid dan musala yang direnovasi, khususnya pada bagian toilet dan fasilitas tempat wudhu.

Renovasi atau perbaikan ini seluruhnya dilakukan dengan memanfaatkan dana bantuan Yayasan Damandiri yang mencapai Rp49.970.000.

bantuanbrebesDamandiriJatengKoperasiMasjidmusalaPesantunan
Comments (0)
Add Comment