Novak Djokovic Cetak Sejarah, Petenis Nomor 1 Dunia Ketujuh Kali

JAKARTA – Novak Djokovic mencetak sejarah dengan mengamankan peringkat nomor 1 dunia pada akhir tahun untuk ketujuh kalinya, melampaui rekor yang sebelumnya dia pegang bersama Pete Sampras dari Amerika Serikat.

Dengan mengalahkan Hubert Hurkacz dari Polandia di semifinal Paris Masters, Sabtu waktu setempat atau Minggu WIB, Djokovic mematahkan rekor imbang dengan Sampras, yang menduduki posisi nomor 1 akhir tahun berturut-turut antara 1993-98.

Djokovic telah mencapai prestasi tersebut dalam tujuh dari 11 musim terakhir, yaitu 2011, 2012, 2014, 2015, 2018 dan 2020.

“Saya merasa bangga dan sangat bahagia. Jelas itu adalah salah satu tujuan terbesar dan selalu menjadi salah satu tujuan terbesar untuk mencoba menjadi no.1 dan mengakhiri musim sebagai no.1,” Kata Djokovic, dikutip dari laman resmi ATP Tour.

“Melakukannya untuk rekor ketujuh kalinya dan melampaui idola dan panutan masa kecil saya, Pete, sungguh luar biasa. Sangat bersyukur, sangat diberkati berada di posisi ini.”

Ketua ATP, Andrea Gaudenzi, mengatakan dapat menyelesaikan musim sebagai nomor 1 adalah pencapaian yang monumental.

“Untuk melakukannya tujuh kali, di era tenis profesional pria yang luar biasa ini, sulit untuk dijelaskan. Novak pantas mendapatkan pujian dan pengakuan besar untuk terus mendefinisikan kembali keunggulan dalam olahraga kami, tahun demi tahun,” kata Gaudenzi.

“Selamat untuk dia dan timnya atas pencapaian baru yang luar biasa ini.”

Amerikabeograd opennovac djokovicTenis
Comments (0)
Add Comment