Satgas Penting Disdalduk KB Lamsel Dukung Pencegahan Stunting

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Berbagai upaya terus dilakukan oleh semua pihak dalam menekan angka stunting. Tidak terkecuali Dinas Pengendalian dan Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Lampung Selatan dengan program Satuan Tugas Peduli Stunting (Satgas Penting) di setiap desa.

Abdur Roni, Koordinator Penyuluh atau Korluh Bina Keluarga Balita (BKB) Kecamatan Ketapang menyebutkan, Satgas Penting ikut mendukung upaya cegah kasus kekurangan gizi terhadap anak.

Abdur Roni bilang dua desa di Kecamatan Ketapang yakni Kemukus dan Bangunrejo, pernah menjadi locus stunting. Intervensi dari Dinas Kesehatan dan instansi terkait sejak 2018 hingga 2020 mampu menekannya.

“Satgas Penting  melibatkan sejumlah unsur di tingkat kecamatan hingga desa. Meliputi petugas Korluh Bina Keluarga dan Balita, kader Posyandu, bidan desa dan keluarga yang rentan stunting,” terang Abdur Roni saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (26/11/2021).

Fungsi anggota Satgas Penting meliputi pembinaan terhadap calon pengantin. Menyampaikan pesan kepada ibu hamil agar menjaga asupan gizi selama masa kehamilan. Selanjutnya data ibu hamil sebutnya akan dikoordinasikan dengan penyuluh KB, kader Posyandu agar rutin memeriksa kehamilan dan imunisasi. Pendampingan dilakukan secara rutin hingga waktu persalinan.

Sejak usia 0 tahun hingga 1.000 hari, Abdur Roni bilang ibu hamil, balita menjadi perhatian. Koordinasi multi sektor dengan instansi Dinas Kesehatan, Pertanian, Peternakan dan pemerintah desa dilakukan untuk program pencegahan stunting.

“Sesuai arahan presiden Jokowi pada 2024 Indonesia bebas stunting atau bisa diturunkan melalui sejumlah program,” tegasnya.

Disdalduk KBlampung selatan
Comments (0)
Add Comment