Desa Wonosari di Kaltim Terima Rp330 Juta Untuk Penghijauan

SEPAKU – Desa di Provinsi Kalimantan Timur, yakni Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN) baru, Kabupaten Penajam Paser Utara, memperoleh bantuan senilai Rp330 juta untuk program penghijauan.

“Bantuan sebesar Rp330 juta ini berasal dari Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Provinsi Kaltim. Dua hari lalu secara simbolis bantuan ini diserahkan oleh Gubenur di Samarinda,” ujar Kepala Desa Wonosari, Kasiyono di Sepaku, Minggu (19/12/2021).

Bantuan yang secara simbolis diterima oleh Kasiyono tersebut diperuntukkan bagi dua kelompok tani (poktan), yakni poktan yang menjalankan program penghijauan berupa penanaman sengon pada lahan masyarakat seluas 140 hektare pada 2019 hingga saat ini.

Sedangkan poktan yang memanfaatkan anggaran tersebut adalah Poktan Sanjaya, yang melakukan penanaman sengon di lahan seluas 100 ha, kemudian Poktan Sumber Rizeki yang menanam sengon di lahan 40 ha.

Bantuan sebesar itu, lanjutnya, sebagian sudah diterima oleh poktan, yakni digunakan untuk biaya pemeliharaan, sehingga dana yang sebagian lagi masih menunggu transferan dari Dinas KLHK Provinsi Kaltim.

“Kami sangat bersyukur adanya program penghijauan ini karena di lahan masyarakat yang ditanami sengon tersebut merupakan kawasan eks tambang batu bara, sehingga lahan yang sebelumnya gersang, namun sejak adanya program ini, lahan di kawasan itu menjadi subur,” katanya.

KaltimPenghijauansepakuWonosari
Comments (0)
Add Comment