15 Tahun Mengudara, Satelit LAPAN-A1 Masih Bisa Berfungsi

JAKARTA – Pelaksana tugas Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erna Sri Adiningsih, mengatakan satelit LAPAN-Tubsat/LAPAN-A1 masih berfungsi, meski telah mengudara selama 15 tahun.

“Saat ini satelit LAPAN-Tubsat/LAPAN-A1 masih berfungsi secara terbatas karena usia yang sudah menua,” kata Erna saat dihubungi di Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Meski satelit LAPAN-A1 sudah berumur 15 tahun, tepatnya pada 10 Januari 2022, namun sistem bus satelit masih baik, dan kamera resolusi rendah masih berfungsi.

Erna menuturkan, satelit tersebut masih digunakan untuk melakukan riset dan eksperimen pengendalian satelit berorbit rendah atau satelit LEO (Low Earth Orbit), dan riset komponen satelit oleh periset di Pusat Teknologi Satelit.

Tepat pada 10 Januari 2007, satelit LAPAN-A1/LAPAN-Tubsat diluncurkan menggunakan Roket PSLV C-07 di Sriharikota, India.

Sebagai salah satu satelit LEO tertua di dunia, LAPAN-A1 telah mengorbit selama 15 tahun dan mengitari Bumi sebanyak 81.108 kali.

Umur LAPAN-A1 diprediksi hanya berkisar 2-3 tahun. Namun hingga saat ini, satelit itu telah menginjak usia 15 tahun.

DKIJakartalapanLAPAN-A1Satelit
Comments (0)
Add Comment