Kendaraan Keluaran Lama Bisa Gunakan BBM RON Tinggi

JAKARTA – Pakar mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto Zaenuri, menyatakan seluruh kendaraan pada dasarnya bisa menggunakan bahan bakar RON 92 ke atas, sehingga masyarakat tak perlu ragu menggunakan BBM RON tinggi, seperti Pertamax dan Pertamax Turbo.

“Jangan ragu-ragu. Sebab, bukan hanya keluaran terbaru yang bisa menggunakan BBM beroktan tinggi. Kendaraan yang diproduksi tahun 90-an ke bawah pun bisa,” katanya di Jakarta, Sabtu (8/1/2022).

Menurut dia, pemakaian BBM dengan RON tinggi hanya membutuhkan dua syarat, yakni kompresi dan timing ignition yang keduanya bisa diatur pada mesin.

“Misal perbandingan kompresi harus naik, berarti silindernya harus dipotong agar lebih pendek. Jika timing ignition tidak cocok, hanya tinggal digeser,” jelas Tri.

Dengan demikian, tambahnya, masyarakat pemilik mobil lama hanya perlu melakukan setting mesin kendaraannya dengan menggunakan cara tersebut.

Untuk melakukan setting hanya perlu dilakukan menggunakan perangkat komputer atau laptop, yaitu dengan melakukan scanner untuk mengetahui perubahan perbandingan kompresi.

#BBMDKIJakartaMesinoktanRON
Comments (0)
Add Comment