Omicron Terus Menambah Kasus Covid-19 di Australia

SYDNEY – Australia pada Selasa mengalami hari paling mematikan selama pandemi, ketika wabah Omicron yang menyebar cepat terus mengerek angka rawat inap ke level tertinggi, bahkan saat kasus harian sedikit turun.

Sebanyak 74 kematian dilaporkan hingga Selasa pagi dari New South Wales, Victoria dan Queensland, tiga negara bagian terpadat, melebihi rekor 57 kematian pada Kamis lalu, menurut data resmi.

Australia sedang bergulat dengan wabah Covid-19 terburuk yang dipicu virus corona varian Omicron. Jumlah orang yang dirawat di rumah sakit kini paling banyak selama pandemi.

“Hari ini adalah hari paling berat bagi negara bagian kami,” kata pemimpin New South Wales Dominic Perrottet dalam pengarahan media. New South Wales melaporkan 36 kematian pada Selasa, tertinggi selama pandemi.

Perrottet, yang konsisten menolak pembatasan ketat karena tingkat vaksinasi yang tinggi, mengatakan rumah-rumah sakit masih mampu mengatasi peningkatan jumlah pasien yang dirawat.

“Terlepas dari tantangannya, (peningkatan pasien) juga terjadi di belahan dunia yang lain,” kata dia.

Meskipun kasus rawat inap meningkat, Victoria pada Selasa menetapkan “kode cokelat” (status darurat jangka pendek) di rumah-rumah sakit.

australiaCovidOmicronSydney
Comments (0)
Add Comment