Banjir Genangi Ratusan Rumah Warga di Lombok Tengah

PRAYA – Hujan lebat dengan intensitas tinggi mengakibatkan ratusan rumah warga di Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat tergenang banjir.

“Banjir ini akibat hujan lebat yang terjadi siang sampai menjelang malam,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah, H Ridwan Makruf, di Praya, Minggu (13/2/2022).

Genangan banjir yang melanda rumah warga di sepanjang bantaran sungai tersebut, akibat luapan air sungai dampak curah hujan yang tinggi.

“Air sungai meluap dan masuk ke halaman rumah warga yang ada disepanjang aliran sungai,” katanya.

Atas kejadian itu, pihaknya telah menurunkan petugas untuk melakukan penanganan, supaya air yang masuk ke rumah warga cepat surut.

Selain itu, BPBD juga akan memberikan bantuan makanan siap saji dan kebutuhan kedaruratan bagi warga yang terdampak.

“Kami rencanakan warga untuk mengungsi di Masjid dan Sekolah setempat,” katanya.

Anjar Siswara, salah satu warga setempat mengatakan, banjir ini akibat hujan yang cukup tinggi yang melanda wilayah Lombok Tengah, namun kondisi air saat ini mulai surut setelah hujan reda.

“Ketinggian air di rumah warga itu bervariasi, yakni setinggi lutut dan ada juga sampai satu meter yang dekat dengan sungai. Sehingga sebagian warga akan mengungsi ke masjid yang aman dari banjir,” katanya.

Dampak hujan lebat itu juga mengakibatkan akses jalan penghubung antara Dusun Duren dengan Dusun Lantan, Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah amblas.

“Jalan itu amblas akibat curah hujan yang cukup lebat,” kata Kepala Desa Lantan Erwandi. (Ant)

BanjirBPBDlombok tengahNTB
Comments (0)
Add Comment