Harga Rajungan di Lamtim Naik Jadi Rp100.000 per Kilogram

BANDAR LAMPUNG – Harga rajungan di Kabupaten Lampung Timur mengalami peningkatan harga menjadi Rp100 ribu per kilogram di tengah musim tangkap, sebelumnya harganya Rp50.000 – Rp60.000 per Kg.

“Harga kepiting rajungan di tingkat nelayan pada Januari ini, mencapai Rp100 ribu per kilogram. Hal ini jadi berkah untuk nelayan sekitar,” ujar seorang nelayan jaring kepiting rajungan, Kusnadi di Desa Margasari, Lampung Timur, Sabtu (19/2/2022).

Ia mengatakan, di tahun sebelumnya harga rajungan hanya berkisar Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram, dengan jumlah tangkapan yang sedikit.

“Kalau sekarang, harga kepiting rajungan Rp80 ribu sampai Rp100 ribu per kilogram, isinya campur, ada yang ukuran kepiting besar dan sedang. Tangkapan juga melimpah,” katanya.

Menurut Kusnadi, selain tangkapan kepiting rajungan yang sedang melimpah, hasil tangkapan lainnya pun tengah melimpah.

“Tahun ini selain rajungan, nelayan penangkap cumi juga lagi banyak,” sebutnya.

Selain peningkatan harga jual rajungan, para nelayan juga mengalami peningkatan jumlah tangkapan akibat datangnya musim angin barat.

“Sekali melaut, seorang nelayan bisa mendapat rata-rata 10 sampai dengan 20 kilogram,” kata nelayan rajungan lainnya, Kasmin.

Bandar LampungLampungLamtimnelayanRajungan
Comments (0)
Add Comment