Sempat Malu karena Bertubuh Mini, Wanita Ini Geluti Sastra Hingga Hasilkan Banyak Buku

Editor: Koko Triarko

Cendana News, YOGYAKARTA – Inung Setyami (37), wanita bertubuh mini asal Desa Galur, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, ini sejak kecil sudah tertarik dengan sastra.

Inung Setyami menggeluti sastra karena bisa menghibur dirinya dari anggapan orang yang menyebutnya mengalami disabilitas fisik.

Inung Setyami, wanita lajang penyuka sastra ini memiliki tinggi badan 120 sentimeter dan berat badan 37 kilogram.

Sejak kecil, Inung Setyami menyukai aktivitas membaca dan menulis. Awalnya dengan membaca majalah anak-anak dan menulis catatan harian di buku cantik bergambar.

Kemudian pada saat di bangku SMA 1 di Galur, dia mulai berani menulis Puisi dan Cerpen yang dipublikasikannya secara umum.

Menurut Inung Setyami, dunia sastra cakupannya luas. Bisa mewadahi berbagai tema, mulai dari menampung tema disabilitas hingga perkara cinta, sosial, politik, dan lainnya.

“Melalui dunia sastra, saya bisa mendapatkan kegembiraan. Merasa lega jika telah menuliskan sesuatu,” kata Inung Setyami, pada Jumat 4 Maret 2022.

Apalagi, dia mengaku dengan sastra dirinya bisa mengolah marah, cemas, dan resah dengan imajinasi. “Maka, bisa saja keresahan tersebut juga menghibur dan mewakili orang lain,” paparnya.

Sejauh ini, Inung Setyami mengaku ketika bersastra memang hanya soal kepuasan batin. Dia juga tidak mampunyai target, misalnya meraih penghargaan tertentu.

“Ah, saya tidak pernah berangan-angan muluk-muluk. Apalagi, memimpikan sampai mendapatkan penghargaan Nobel,” katanya.

Inung SetyamiSastraWanitaYogyakarta
Comments (0)
Add Comment