Candi Sari dan Kalasan Resmi Dibuka Selama Libur Lebaran

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA Cendana News – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY bersama Dinas Pariwisata Sleman sepakat untuk membuka 2 candi di wilayah Sleman yakni Candi Sari serta Candi Kalasan selama masa libur lebaran tahun ini.

Pembukaan ini menyusul tiga candi lainnya yang sebelumnya telah dibuka untuk wisatawan yakni Candi Sambisari, Ijo, dan Banyunibo.

“Pada Hari ke 2 libur Hari Raya atau Selasa tanggal 3 Mei kami mengoperasionalkan 2 candi lagi yang mempunyai nilai historis yang sangat menarik dan saling berkait satu sama lain. Keduanya merupakan Candi Budha yaitu Kalasan dan Sari,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono, Kamis (28/04/2022).

Suparmono menjelaskan kebijakan ini dilakukan mengingat secara lokasi, kedua candi ini sangat strategis untuk dikunjungi wisatawan, karena terletak tidak jauh dari ruas Jalan Raya Solo Jogja atau hanya sekitar 2 Km sebelah barat Prambanan.

“Candi Kalasan mulai dibuka tahun ini setelah berkoordinasi dengan Balai BPCB dan telah dinyatakan selesai proses pemugarannya. Harapannya, kemegahan situs, nilai cerita sejarah, dan juga letaknya yang strategis dapat menjadi tujuan alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke DIY,” imbuhnya.

Lebih lanjut Suparmono menjelaskan para pengunjung saat ini sudah dapat masuk ke dalam bangunan candi, tetapi karena masih masa pandemi, jumlah orang yang masuk dibatasi dan bergantian. Khusus untuk Candi Kalasan pengunjung belum diperbolehkan masuk ke dalam bangunan candi karena masalah teknis perlindungan situs.

“Sebenarnya Candi Barong juga ingin kita buka, tetapi karena masih proses pemugaran belum dapat kami buka tahun ini,” bebernya.

Secara terpisah Zaimul Azzah Kepala Balai BPCB DIY membenarkan bahwa Candi Kalasan telah selesai proses pemugarannya dan dapat dikunjungi untuk penelitian maupun berwisata.

Candi KalasanCandi Sari
Comments (0)
Add Comment