Kominfo Gandeng Kepolisian Usut Dugaan Pemanfaatan Data Pribadi Tanpa Izin

JAKARTA, Cendana News – Kasus penggunaan data pribadi tanpa izin oleh aplikasi kembali mencuat. Diduga dilakukan oleh beberapa aplikasi yang terdapat di Google Play Store, toko aplikasi Android resmi milik perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat (AS) Google.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Jubir Kominfo), Dedy Permadi, membenarkan jika saat ini pihaknya tengah mempelajari dugaan pemrosesan data pribadi secara tanpa hak yang dilakukan oleh beberapa aplikasi di Google Play Store.

“Koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya akan dilakukan terkait upaya dan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Jubir Kominfo di Jakarta, Kamis (20/4/2022).

Menurut Dedy, pihak Google telah mengambil tindakan terhadap aplikasi yang diduga melakukan pemrosesan data penggunanya secara tanpa hak.

Dalam hal ini aplikasi tersebut diwajibkan untuk menghapus fitur pengambilan data pengguna, jika ingin dapat kembali diakses oleh penggunanya.

Kominfoplay store
Comments (0)
Add Comment