Anak-anak Terpaksa Ikut Berdesakan Saat Arus Balik Lebaran

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG, Cendana News – Kebijakan pemerintah untuk memberi cuti, sekolah dalam jaringan (daring) belum berdampak pada arus balik lebaran. Sejumlah masyarakat tetap mengajak serta anak anak berdesakan naik kapal. Bahkan sebagian naik motor bersama orangtua.

Calon penumpang kapal, Nursanti, warga asal Kotabumi menyebutkan, ia rela mengajak dua anaknya meski sudah mendengar informasi cuti dan kegiatan belajar mengajar daring. Ia tetap kembali ke Jakarta karena suaminya harus masuk kerja pada Senin (9/5/2022). Meski berdesakan dengan penumpang lain, ia tetap memilih balik pada Minggu (8/5/2022).

Perjalanan memakai travel sebutnya cukup lancar. Sesampainya di pelabuhan, ia membeli tiket kapal lalu menunggu di gangway ke dermaga dua. Ia harus berbagi tugas sang suami membawa barang dan ia menuntun dan menggendong anak.

“Sempat mengantre saat membeli tiket dan berdesakan ketika akan masuk ke kapal, untung diarahkan petugas agar yang membawa anak-anak dipisahkan takut tertinggal,” terang Nursanti saat ditemui Cendana News, Minggu (8/5/2022).

Nursanti menyebutkan setiap mudik, balik lebaran ia selalu mengajak keluarga. Ia memilih tidak memakai kendaraan roda dua karena jarak yang jauh.

Mengajak anak ikut berdesakan dengan penumpang lain juga diakui Herman. Bersama istri dan dua anaknya ia memilih balik ke Tangerang sehari sebelum masuk kerja. Perusahaan tempat bekerja tidak memberi tambahan cuti.

“Semula saya akan meninggalkan anak di kampung, tapi karena sekolah daring, tetap harus pulang ke Tangerang,” terangnya.

arus balikPelabuhan Bakauheni
Comments (0)
Add Comment