Koperasi di Cilampunghilir Angkat Nasib Petani, Begini Caranya

Editor: Koko Triarko

SOLO, Cendana News – Koperasi Amanah Galunggung Mandiri desa Cilampunghilir, Tasikmalaya, Jawa Barat, menjadi salah satu dari 15 Koperasi Binaan Yayasan Damandiri yang berhasil menjalankan program pemberdayaan di desanya.

Koperasi yang berdiri sejak tahun 2018 ini menjalankan usaha distributor beras premium varietas lokal Singaparna, melalui unit usaha Modal Kita.

Meski belum lama berjalan, usaha koperasi binaan Yayasan Damandiri ini mampu berkembang pesat, bahkan selama dalam masa pandemi.

Dengan kapasitas produksi sekitar 2-3 ton per minggu, Koperasi Amanah Galunggung Mandiri ini rutin memasok beras ke 214 warung. Selain itu juga ke sejumlah pondok pesantren di wilayah Tasikmalaya.

Tak hanya itu, keberadaan usaha koperasi ini juga mampu mengangkat perekonomian sekitar 80 lebih petani setempat.

Manajer Umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yana Taufik Ismail mengatakan kunci keberhasilannya itu terletak pada komitmen dan niat baik membantu petani.

Terlebih, di desanya sendiri memiliki potensi luar biasa besar di sektor pertanian.

“Kita hanya berupaya memanfaatkan potensi desa sebagai penghasil padi kualitas unggul,” kata Yana usai Rapat Kerja Koperasi Desa Binaan Yayasan Damandiri di Solo, Jumat (15/7/2022).

Dia menjelaskan, bahwa sejak lama dan turun-temurun mayoritas warga di desanya berprofesi sebagai petani.

berasCilampunghilirdistributorKoperasipetani
Comments (0)
Add Comment