Indonesia Fashion Parade 2022 di Jakarta Angkat Kearifan Lokal

Editor: Koko Triarko

JAKARTA, Cendana News – Indonesian Fashion Parade (IFP) 2022 bertema Love in Diversity di Jakarta melibatkan puluhan desainer Tanah Air.

Karya desainer dari berbagai darerah hadir dalam Indonesia Fashion Parade 2022 tersebut, mengangkat keanekaragaman budaya melalui tren busana kain nusantara.

Penyelenggara Indonesia Fashion Parade 2022, Athan Siahaan mengatakan acara ini menjadi penyemangat bagi para pelaku industri fesyen tanah air untuk terus menciptakan karya terbaiknya setelah lama absen.

“IFP ini untuk memperkenalkan kain tenun dengan menggunakan bahan wastra nusantara menjadi sebuah karya adibusana, ” ucap desainer ternama tanah air ini.

Menurutnya, di ajang IFP ini semua karya sudah pasti mengambil tema tenunan wastra.

Dia mengatakan, bersamaan dengan acara IFP 2022 ini juga ada Indonesia Fashion Competition (IFC).

Melalui IFC yang bersamaan dengan IFP 2022, harapannya bisa menjadi motivasi bagi para desainer muda untuk mengikuti jejak desainer senior dalam mengangkat  kearifan lokal dan adat melalui karya kreatif.

“Kami membuat kompetisi desainer supaya milenial tidak malu memakai wastra ke depannya,” kata Atan.

Athan berpendapat, jika desainer muda dalam karya dan kreativitas berkreasi melalui wastra, otomatis pemakai juga dari kalangan mereka, yakni milenial.

Contohnya, yang sempat viral yaitu Citayam Fashion Week yang memakai baju-baju lokal.

“Tapi sayang, mereka tidak memadukan wastra sehingga para penenun terangkat ekonominya,” ungkap Athan.

Dia mengatakan, pihaknya ingin memberikan wadah kepada para desainer muda untuk memperkenalkan karya lokal agar mendunia.

“Harapannya dengan promosi seperti ini melalui digital platform juga, masyarakat Indonesia makin mengenal produk mereka, membangkitkan perekonomian,” kata Athan.

Indonesia Fashion Parade 2022JakartaNusantaratenunwastra
Comments (0)
Add Comment