KKP siapkan timbangan elektronik untuk sistem penangkapan ikan terukur

Admin

JAKARTA, Cendana News – Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP telah menyiapkan sedikitnya 12 timbangan elektronik sebagai sarana implementasi penangkapan ikan secara terukur.

KKP menyiapkan timbangan elektronik sebagai sarana penangkapan ikan secara terukur untuk dioperasikan di sejumlah pelabuhan perikanan.

Duabelas timbangan eletronik itu akan dipasang di Pelabuhan Perikanan Nasional di Tual, Kejawanan, dan Ternate.

Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono, menjelaskan penggunaan timbangan elektronik itu untuk meningkatkan akurasi. Selain itu juga mempermudah proses inventarisasi data perikanan berbasis teknologi.

Sehingga nantinya semua data bongkar muat hasil tangkapan nelayan bisa terdata dengan baik.

“Dan, nelayan bisa mengetahui total tangkapan setiap kali melaut,” katanya, dikutip dari laman infopublk, Selasa (11/10/2022).

Dia menjelaskan, bahwa kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota merupakan upaya KKP mewujudkan ekonomi biru.

Konsep tersebut mentransformasikan pengelolaan perikanan yang selama ini sepenuhnya berbasis input control, ke dalam pengelolaan berbasis output control.

Dengan mekanisme output control, kuota penangkapan ditetapkan. Dengan begitu, kapal perikanan yang mendapatkan izin tidak isa lagi menangkap sebanyak-banyaknya

Sebab, kegiatan serupa itu berpotensi melebihi daya dukung sumber daya ikan.

Hal lain yang sangat penting dari implementasi sistem baru itu adalah kapal perikanan berizin harus mendaratkan ikan di pelabuan perikanan yang sudah ditentukan. Sehingga, pendaratanikan tidak lagi tersentralisasi di Pulau Jawa.

“Sehingga akan terjadi pemerataan pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah pengelolaan perikanan di Indonesia,” kata Trenggono.

ElektronikikanKKPtimbangan
Comments (0)
Add Comment