KPU Sikka lakukan verifikasi faktual 7 parpol peserta Pemilu 2024

Admin

SIKKA, Cendana News – KPU Kabupaten Sikka melakukan verifikasi faktual (verfak) terhadap 7 partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024.

Verifikasi faktual terhadap 7 parpol peserta Pemilu 2024 dilakukan setelah KPU RI mengumumkan jumlah partai politik yang lolos verifikasi administrasi.

Dalam pengumuman, Jumat (14/10/2022), KPU RI menyebut 18 parpol calon peserta Pemilu 2024 lolos verifikasi administrasi.

Dari 18 parpol itu, 9 di antaranya tidak diikutkan dalam tahap verifikasi faktual. Hal itu karena telah memenuhi ketentuan parlementary threshold (PT) 4 persen.

Kesemebilan parpol itu adalah PDIP, PKB, PPP, Nasdem, Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar, dan PKS.

Sementara dari 9 partai yang ikut dalam tahap verfak terbagi dalam 2 kategori. Pertama, parpol peserta Pemilu 2019 tetapi tidak lolos PT yakni PSI, Perindo, PBB, Hanura, dan Garuda, serta parpol baru PKN, Gelora, Ummat dan Partai Buruh.

Di Kabupaten Sikka, dari 9 parpol yang diikutkan dalam verfak, 2 parpol di antaranya tidak memenuhi syarat, yakni PBB dan Partai Ummat.

“Dengan demikian, hanya 7 parpol yang diikutkan dalam verfak,” kata Juru bicara KPU Kabupaten Sikka, Herimanto, dikutip dari laman sikkakab, Selasa (18/10/2022).

Herimanto menjelaskan, dalam kegiatan verfak ini KPU Sikka memastikan kebenaran pengurus partai, kantor tetap ,dan keterwakilan perempuan sekurangnya 30 persen.

Selanjutnya, mulai  Selasa (18/10) hingga (4/11) KPU Sikka akan melanjutkan dengan kegiatan verifikasi faktual keanggotaan.

Menurut data Sipol (Sistem Informasi Partai Politik), total anggota dari 7 parpol yang akan diverifikasi sebanyak 1.338 orang.

KPUPemlu 2024Sikka
Comments (0)
Add Comment