Bupati Ponorogo optimis ekonomi di wilayahnya tumbuh 7 persen

Admin

JAWA TIMUR, Cendana News – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, optimis perekonomian di wilayahnya akan tumbuh 7 persen per tahun.

Menurut Bupati, target pertumbuhan ekonomi 7 persen di Ponorogo itu bukan hal yang mustahil, karena saat ini sudah di angka 5,5 persen.

Diapun memastikan jika target pertumbuhan ekonomi 7 persen itu tercapai, Ponorogo akan jadi kabupaten yang maju.

Bupati Sugiri menyampaikan hal itu saat membuka pelatihan usaha berbasis Circle-P bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Pendopo Pemkab Ponorogo, pekan ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan bonus demografi berupa populasi penduduk Ponorogo mencapai satu juta jiwa merupakan market share yang bagus untuk menyerap produk UMKM.

Ketika produk lokal itu mampu menyentuh seluruh pelosok kabupaten, maka muaranya pada pertumbuhan ekonomi lokal pula.

‘’Melalui pelatihan usaha berbasis Circle-P ini, saya berharap UMKM akan naik kelas,’’ katanya, dikutip dari laman ponorogokab, Rabu (30/11/2022).

Dia menjelaskan, bahwa Pemkab Ponorogo sudah menyiapkan platform digital untuk mendongkrak tingkat produksi dan pemasaran produk UMKM.

Menurutnya, digitalisasi pemasaran produk juga bukan lagi menjadi persoalan.

‘’Kita juga melakukan pendampingan mulai dari kemasan produk, permodalan, sampai peningkatan SDM. UMKM akan terus tumbuh,’’ katanya, optimis.

Sementara itu, dia juga mengatakan bahwa iklim perekonomian di Ponorogo akan mampu menahan goncangan resesi yang mungkin terjadi.

Sebab, ketahanan pangan sudah terbentuk dengan adanya produksi komoditas padi dan jagung yang surplus.

‘’Kalaupun resesi terjadi, kita sudah siap. Ekonomi kita tangguh berkat kenaikan produksi sektor pertanian dan turunannya,’’ pungkas Bupati.

bupatiEkonomiPonorogo
Comments (0)
Add Comment