Gubernur: Minangkabau Fashion Festival angkat marwah kearifan lokal

PADANG, Cendana News – Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi mengatakan, kegiatan Minangkabau Fashion Festival sangat besar artinya dalam upaya mengangkat nilai-nilai kearifal lokal Sumbar, khususnya kerajinan tekstil.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kami menyambut positif acara ini. Memang kegiatan seperti inilah yang kita harapkan karena akan mengangkat potensi-potensi kearifan lokal yang dimiliki Sumbar,” ujar gubernur.

Gubernur mengapresiasi kolaborasi antara Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar dengan Dekranasda Sumbar dan kabupaten dan kota sehingga dapat menghadirkan kreasi baru dari kerajinan tekstil asli Sumbar berupa tenun dan batik siap pakai hasil karya para desainer dalam gelaran Minangkabau Fashion Festival.

Puncak kegiatan Minangkabau Fashion Festival yang sekaligus dipadukan dengan kontes fotografi Minang Photo Raun tersebut, dibuka langsung oleh Gubernur Mahyeldi, bertempat di Jl. Batang Arau, tepatnya dibawah Jembatan Siti Nurbaya, Padang, Minggu (13/11/2022) malam.

Ditambahkan gubernur, potensi kerajinan tekstil Sumbar yang sudah lama dikenal harus diangkat kembali. Karena itu gubernur juga mengapresiasi keikutsertaan Sumbar dalam berbagai pameran dan festival di tanah air maupun di luar negeri dengan menampilkan berbagai kerajinan tenun khas Sumbar.

Selain itu, kegiatan serupa juga dikatakan gubernur, sangat tepat dalam mendukung program Visit Beautiful West Sumatera 2023 mendatang. Karena itu gubernur juga minta agar disiapkan juga desain baju dari bahan tenun maupun batik khas Minangkabau untuk pria dan wanita.

Dalam acara yang juga dihadiri Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono serta perwakilan Forkopimda Sumbar tersebut ditampilkan masing-masing fashion karya terbaik desainer muda Sumbar untuk kategori tenun dan kategori batik.

Buya Mahyeldiminangkabausumatera barat
Comments (0)
Add Comment