KUD Amanah Galunggung Mandiri berencana berdayakan hingga 50 peternak ayam Ciamis

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

CIAMIS, Cendana News — Koperasi binaan Yayasan Damandiri KUD Amanah Galunggung Mandiri berencana memberdayakan para peternak ayam broiler di wilayah Ciamis Jawa Barat dalam waktu dekat.

Pada tahap awal, Koperasi yang terletak di desa Cilampunghilir Tasikmalaya Jawa Barat itu rencananya akan menargetkan pemberdayaan bagi sebanyak 30 hingga 50 peternak ayam broiler di wilayah Ciamis.

Pemberdayaan dan pendampingan ini rencananya akan diprioritaskan bagi para peternak ayam broiler/pedaging yang selama ini menjalankan usaha budidaya secara mandiri atau tidak menjalin kemitraan dengan perusahaan.

Manager Umum KUD Amanah Galunggung Mandiri, Yana Chaeru Taufik Ismail mengatakan, Kabupaten Ciamis sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu daerah dengan jumlah peternak ayam broiler terbesar kedua secara nasional.

Berdasarkan data Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis, sedikitnya terdapat sekitar 600-800 peternak ayam broiler/pedaging di wilayah Ciamis Jawa Barat. Baik itu mandiri maupun  yang selama ini bermitra dengan perusahaan.

“Tentu kita tidak mungkin untuk bisa mendampingi dan membina seluruhnya. Karena itu untuk tahap awal kita hanya menargetkan memberdayakan bagi sekitar 30 hingga 50 peternak saja,” katanya.

Yana menyebutkan, para peternak yang menjalankan usaha budidaya ayam secara mandiri di wilayah Ciamis, rata-rata hanya memiliki kapasitas kandang yang tidak terlalu besar. Yakni berkisar antara sekitar 1.500 hingga 2.500 ekor ayam per sekali panen atau dalam jangka waktu satu bulan.

Dengan dukungan Yayasan Damandiri serta KBSM (Koperasi Bangun Sejahtera Mandiri) nanti rencananya akan merenovasi kandang milik para peternak. “Termasuk juga menyuplai DOC, pakan, serta memasarkan ayam hasil panen,” katanya.

CiamisDCMLDesa BinaanPeternak Ayamyayasan damandiri
Comments (0)
Add Comment