KUD Kartini Mandiri Lestari Pasaren dorong ketahanan pangan di lingkup keluarga

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BOGOR, Cendana News – Menyikapi isu resesi tahun 2023, Koperasi binaan Yayasan Damandiri KUD Kartini Mandiri Lestari, Pasarean, Bogor, mendorong warganya meningkatkan ketahanan pangan di lingkup keluarga.

Kesiapan ketahanan pangan di lingkup masyarakat terkecil yakni keluarga tersebut, dinilai sangat penting sebagai bentuk antisipasi terjadinya dampak krisis ekonomi global serta resesi yang diperkirakan terjadi tahun 2023.

Dengan adanya ketahanan pangan di tingkat keluarga tersebut, masyarakat diharapkan tidak akan kesulitan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, khususnya bahan pangan, karena telah mampu memproduksi secara mandiri.

“Saat ini kita sedang fokus meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dengan menggalakkan sektor pertanian. Melalui KWT, kita dorong warga menanam berbagai jenis tanaman konsumsi di lingkungan rumah masing-masing,” ujar Manajer Umum KUD Kartini Mandiri Lestari Pasarean, Hamidah.

Hamidah mengatakan pada tahap awal, penggalangan sektor pertanian ini lebih difokuskan untuk jenis sayur-sayuran serta tanaman obat-obatan (Toga). Selain lebih mudah dari sisi perawatan, jenis tanaman ini juga dipilih karena cocok di tanam di lahan terbatas seperti halnya di desa Pasarean, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

“Kita lihat banyak lahan kosong milik warga yang selama ini kurang dimanfaatkan. Dari situ kita berfikir bagaimana memanfaatkan lahan tersebut agar bisa menghasilkan. Tentunya dengan sistem pertanian yang cocok, misalnya dengan model hidroponik,” ungkapnya.

Melibatkan unsur pemerintah setempat dalam hal ini dinas pertanian, KUD Kartini Mandiri Lestari, bahkan mengaku telah mengirimkan sejumlah kader penggerak KWT untuk mengikuti pelatihan/pendidikan sekolah lapang.

Ketahanan PanganResesi 2023
Comments (0)
Add Comment