Pabrik Pengolahan Tepung Ikan dinilai mampu maksimalkan demplot budidaya bebek KUD Pesantunan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BREBES Cendana News — Rencana Yayasan Damandiri untuk mendirikan pabrik pengolahan tepung ikan, dinilai akan mampu memaksimalkan potensi pengembangan budidaya bebek petelur di wilayah kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Pasalnya, selain memiliki potensi sumber bahan baku berupa limbah sisa Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang melimpah, kabupaten Brebes selama ini juga dikenal sebagai daerah sentra pembudidaya bebek sekaligus penghasil telur bebek berkualitas.

Koperasi binaan Yayasan Damandiri di kabupaten Brebes, KUD Berkah Damandiri Pesantunan, bahkan menilai keberadaan pabrik pengolahan tepung ikan di wilayahnya juga akan sangat mendukung rencana pendirian demplot budidaya bebek petelur yang sudah direncanakan sebelumnya.

“Kita antusias sekali dengan rencana pendirian pabrik tepung ikan ini. Sebab ini akan dapat disinergikan dengan rencana pendirian demplot budidaya bebek petelur yang sudah kita rencanakan sebelumnya,” ujarnya.

Menurut Slamet, tepung ikan merupakan bahan baku utama sumber pakan ternak yang kaya akan protein. Tepung ini biasa digunakan untuk campuran pembuatan konsentrat pakan ternak, baik itu untuk budidaya domba, sapi, bebek, ayam, ikan konsumsi air tawar maupun udang.

“Jika dibandingkan konsentrat pakan bebek, tepung ikan kadar proteinnya lebih tinggi karena masih murni. Belum ada campuran. Jadi sangat bagus untuk pakan bebek. Biasanya diberikan dengan campuran bekatul dan nasi aking,” katanya.

Oleh sebab itu keberadaan pabrik pengolahan tepung ikan yang akan didirikan Yayasan Damandiri, melalui Koperasi Bangun Sejahtera Mandiri (KBSM) dinilai akan mampu mendukung pengembangan demplot budidaya bebek petelur yang hendak dijalankan KUD Berkah Damandiri Pesantunan.

brebesBudidaya BebekDCMLDesa BinaanJatengyayasan damandiri
Comments (0)
Add Comment