Puluhan Pelaku IKM di Palangka Raya ikuti pelatihan berbahan dasar purun

PALANGKA RAYA – 30 pelaku IKM se Kota Palangka Raya mengikuti pelatihan berbahan dasar purun di Aula Putera Kahayan Jalan Temanggung I Kota Palangka Raya, Selasa (29/11/2022). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya.

Purun merupakan tanaman yang biasa hidup di lahan rawa. Tanaman ini bisa digunakan untuk menjadi bahan baku anyaman.

Asisten I Sekretariat Daerah Zulhikmah Ravieq mewakili Walikota Palangka Raya menyebutkan, pasca kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu membuat Kalimantan Tengah menjadi salah satu Provinsi yang inflasinya cukup tinggi.

Hal ini, sebutnya, membuat Pemerintah Kota Palangka Raya mendorong pelaku IKM untuk dapat terus maju mengembangkan usahanya. Terutama mengenalkan dan menjual produk-produk lokal yang mempunyai daya saing serta dapat mencerdaskan pelaku IKM.

“Melalui pelatihan ini Pemerintah Kota Palangka Raya mendorong pelaku IKM untuk terus mengembangkan usahanya hingga memiliki daya saing serta mencerdaskan pelaku IKM,” ucapnya seperti disadur dari laman resmi pemkot.

Dikatakan Zulhikmah, pelatihan ini juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi warga di Kota Palangka Raya. Ini merupakan salah satu cara penanganan dampak inflasi serta untuk mengenalkan budaya kearifan lokal yaitu membuat kerajinan purun.

“Semoga melalui pelatihan berbahan dasar purun ini peserta pelatihan menjadi terampil dan memiliki ilmu pengetahuan yang memadai untuk menjadi wirausaha baru dan mendorong pertumbuhan industri kecil,” tutupnya.

.Foto: MC Palangka Raya

IKMPalangka RayaPurun
Comments (0)
Add Comment